:: SELAMAT DATANG DI WEBSITE POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN SURABAYA :: UPDATE DATA PEGAWAI DI SIM-PEG POLTEKKES KEMENKES SURABAYA MULAI 13-30 JUNI 2016 OLEH PEGAWAI MASING2 DAN DIVALIDASI OLEH KOOR DAN KAUR KEPEGAWAIAN SBG PENANGGUNG JAWAB

22 November 2014

Minggu, 16 Nopember 2014 Poltekkes Kemenkes Surabaya mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar di Narwastu, Pacet Mojokerto. Kegiatan berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh pegawai Poltekkes Kemenkes Surabaya. Kegiatan ini merupakan kursus dasar untuk membentuk para Pembina Pramuka Gudep 1839-1840 yang ada di Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Pada hari pertama dilakukan upacara pembukaan, yang mana kegiatan dipimpin oleh Kak Ganet, Kak Eta selaku PUDIR III Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan oleh Kak Roem yang membentuk para peserta menjadi beberapa Grup atau Reka untuk kemudian membentuk Ketua beserta yel-yel dan lagu grup selama kegiatan.

Pada malam hari, ada pemberian materi oleh Kak Suyatno mengenai dasar gerakan pramuka. Disini para peserta dijelaskan mengenai dasar hukum gerakan pramuka, siapa saja tokoh dibaliknya, metode-metode apa saja yang ada dalam kepramukaan dan segala seluk beluknya. Di sela-sela materi juga ada diskusi supaya peserta dapat memahami lebih dalam mengenai materi.

Pada keesokan pagi nya kegiatan dimulai dengan senam pagi, dilanjutkan dengan apel pagi.

Setelah apel, Kak Ganet memberikan suatu permainan agar para peserta memecahkan metode-metode kepramukaan. Setelah para peserta dapat memecahkan metode tersebut, metode-metode tersebut kemudian dipresentasikan di depan kelompok lain dan dilanjutkan dengan penjelasan yang lebih dalam dari Kak Ganet. Pada malam kedua, materi dilanjutkan oleh Kak Roem, pada materi kali ini Kak Roem menjelaskan tentang tingkatan-tingkatan pada Pramuka dan bagaimana para Pramuka dapat melalui tingkatan tersebut, pemberian materi juga diselingi dengan menyanyikan lagu wajib bersama yang mana membuat para peserta semakin bersemangat untuk Pramuka dan lebih mencintai Indonesia.

Pada keesokan pagi nya para peserta disiapkan untuk melakukan petualangan, panitia telah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan masing-masing regu/reka. Para peserta diberikan petunjuk dalam bentuk kode-kode yang harus dipecahkan untuk sampai ke tempat tujuan.

Para peserta dengan semangat memecahkan kode-kode tersebut, mulai dari melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar, mengikuti jejak-jejak sampai ke tempat tujuan.

Di tempat tujuan ini , para peserta dilatih untuk hidup mandiri tanpa bantuan alat-alat modern, jadi di sini para peserta memasak seluruh bahan makanan yang telah dipersiapkan dengan alat apa adanya. Para  peserta memiliki cara masing-masing utnuk mengolah makanannya.

Setelah selesai melakukan petualangan. Pada siang hari dilakukan upacara penutupan oleh Kak Ganet dan Kak Eta, secara simbolis Kak Eta menerima ijazah kelulusan kursus dari Kak Ganet. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut, dan para pembina dapat lebih bersemangat dalam membina kegiatan Pramuka Poltekkes Kemenkes Surabaya.

  • Share/Bookmark

Komentar ditutup

Copyright © 2014 Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan Surabaya · All Rights Reserved · Masuk log · Email